Oktober Istimewa di Skandusa

Jangan tanya apa yang unik di skandusa di bulan Oktober. Jawabannya, Buanyak banget.

Apalagi berbagai  kegiatan digelar selama momentum bula Oktober ini. Dari istighotsah dan apresiasi hafalan Quran, pelatihan budidaya hidroponik, Familiarisasi Aplikasi BBPPMPV BOE Malang, Sosialisasi Pemilu, Lokakarya Guru dan Tenaga Kependidikan, Kompetisi Bulan Bahasa, LDKS Pengurus OSIS SMKN 1 Duduksampeyan.

Apresiasi bagi Penghafal Qur’an

Istighotsah dan apresiasi bagi penghafal Qur’an dilaksakan pada 13 Oktober lalu. Pada kesempatan kali ini, sebanyak 3 siswa dari Kompetensi Keahlian Akuntansi diberikan apresiasi oleh sekolah atas hafalan Juz 30 Al-Qur’an yang mereka kuasai. Hal ini sebagai wujud kepedulian sekolah dalam membina dan menyemangati kemampuan siswa dalam bidang keagamaan. Ketiganya pun sempat diuji dan memperoleh pertanyaan berupa permintaan bacaan ayat tertentu. Dan hasilnya, semuanya sukses melantunkan ayat yang ditanyakan dengan benar. Alhasil, sekolah memberikan apresiasi dengan bangga bagi mereka. Semoga ke depannya akan lebih banyak lagi penghafal-penghafal Al-Quran di SMKN 1 Duduksampeyan sehingga dapat terus mengembangkan nilai-nilai positif di lingkungan sekolah.

Pelatihan Budidaya Hidroponik

Bekerjasama dengan Balai Penyuluh Pertanian Duduksampeyan ( BPP ), SMKN 1 Duduksampeyan menggelar pelatihan bagi para aktivis lingkungan hidup Skandusa. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemampuan dan keterampilan tentang urban farming bagi para aktivis LH Skandusa. Mau tidak mau, ancaman lingkungan hidup dan keterbatasan lahan sudah di depan mata. Solusinya? Salah satunya ya urban farming ini.

Diselenggarakan pada 17 Oktober 2023 para peserta mendapatkan berbagai pengetahuan dan keterampilang pengelolaan lahan dan hidroponik oleh narasumber dari BPP. Semoga dengan kegiatan ini, Skandusa semakin terdorong untuk ikut serta menghijaukan bumi di tengah gempuran industry dan berkurangnya ruang terbuka hijau yang semakin menjadi-jadi.

Sosialisasi Pemilu 2024

Rabu, 18 Oktober 2023, Skandusa berkolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik menyelenggarakan Sosialisasi Pemilihan Umum bagi pemilih pemula. Memilih calon wakil rakyat atau kepala daerah memang hal baru bagi seorang pemilih pemula. Untuk itu, KPU Kabupaten Gresik pun hadir di Skandusa dan memberikan wawasan kepadan calon pemilih pemula dari siswa SMKN 1 Duduksampeyan. Pada kesempatan tersebut, Makmun, Komisioner KPU Gresik menyampaikan berbagai informasi seputar PEMILU serta menjawab berbagai pertanyaan dari para calon pemilih pemula. Menurut Makmun, sosialisasi kepada pemilih pemula tersebut sangat penting, karena anak didik yang saat ini kelas XII ini, besok akan jadi pemilih pemula, jadi sangat perlu diberi sosialisasi dari KPU.

Familiarisasi Aplikasi Dan Uji Keterbacaan Pelatihan Pra Mengajar Mandiri

Nah, yang juga membuat semangat di bulan Oktober ini adalah Kegiatan Familiarisasi Aplikasi Dan Uji Keterbacaan Pelatihan Pra Mengajar Mandiri Mode Daring berbasis Massive Open Online Course (MOOC) yang di Laboratorium Komputer 2 SMKN 1 Duduksampeyan bersama BBPPMPV BOE Malang, Kamis 19 Oktober 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelatihan bagi guru-guru kejuruan di SMKN 1 Duduksampeyan. Setidaknya ada 10 orang guru yang terlibat dalam kegiatan ini. Tentusaja ini dapat meningkatkan kompetensi para guru yang nantinua juga akan berimbas pada peningkatan kompetensi para siswa di SMKN 1 Duduksampeyan.

Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajaran Paradigma Baru Pada Kurikulum Merdeka

Lokakarya atau yang sering dialihbahasakan dengan sebutan workshop tentusaja bukan hal yang asing bagi kita terutama di kalangan pendidik. 23 s/d 25 Oktober 2023 kemarin SMKN 1 Duduksampeyan sempat menggelar kegiatan lokakarya di ruang serbaguna SMKN 1 Duduksampeyan dengan tajuk “Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajaran Paradigma Baru Pada Kurikulu Merdeka“. Yang menarik, lokakarya ini menghadirkan tokoh tokoh hebat dari dunia pendidikan di Kabupaten Gresik. Pembicaranya saja, Suyitno, S.Pd., salah satu jebolan Guru Penggerak angkatan 6 Kabupaten Gresik, dan Dr. Marjuki, M.Pd., Dosen Universitas Qomaruddin. Tak hanya ini, sebagai pemateri pembukanya saja, menghadirkan Dr. Kiswanto, S.Pd.,M.Pd. – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Gresik.

Seluruh pendidik maupun tenaga kependidikan turut serta dalam kegiatan ini, dan dalam rentang pelaksanaan  3 hari tersebut, seluruh peserta tampak bersemangat mengikuti berbagai paparan materi dan kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan semangat. Harapannya, dengan kegiatan ini, dapat menyegarkan kembali dan menambah kapasitas dan semangat para pendidik dan tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi anak bangsa, utamanya di SMKN 1 Duduksampeyan.

Prestasi Bulan Bahasa

Prestasi? Wah bukan barang baru bagi Skandusa. Rasa-rasanya tidak ada tempo waktu bagi skandusa yang absen dari prestasi. Selalu ada saja prestasi yang diukir dan trophy penghargaan yang dibawa pulang oleh anak-anak skandusa. 24 Oktober kemarin saja, dua siswa yang dikirim untuk mewakili SMKN 1 Duduksampeyang dalam Kompetisi Berbahasa dan Sastra Indonesia dalam rangka Bulan Bahasa MGMP Bahasa Indonesia SMK Kabupaten Gresik. Pramesti Nazwa Az-Zahra kelas XI AKL 3 berhasil menyabet Juara 2 Lomba Membaca Berita
dan Az Zahra Regita Islami X AKL 1 berhasil menyabet Juara 2 Lomba Mendongeng.

Tentusaja ini bukan prestasi yang mudah diraih sebab Pramesti sendiri harus bersaing dengan 39 peserta lain, sedangkan Az-Zahra Regita harus bersaing dengan 24 peserta dari berbagai sekolah. Prestasi ini menambah koleksi trophy di SMKN 1 Duduksampeyan dan juga menambah semangat dan kepercayaan diri sebagai warga Skandusa.

LDKS OSIS 2023/2024

Kabar yang terakahir datang dari OSIS SMKN 1 Duduksampeyan. Akhirnya telah sampailah kita di akhir masa jabatan kepengurusan OSIS SMKN 1 Duduksampeyan periode 2022/ 2023. Dengan itu pula sudah saatnya estafet kepengurusan OSIS SMKN 1 Duduksampeyan dilanjutkan oleh pengurus OSIS periode 2023/2024. Setelah beberapa waktu lalu pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dilaksanakan, kini saatnya pasangan Dafa-Makdum beserta jajaran kepengurusannya mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang kali ini diselenggarakan di AgroMulia Prigen. Para peserta sangat bersemangat mengikuti berbagai rangkaian kegiatan penunjang kesiapan mereka dalam memimpin OSIS SMKN 1 Duduksampeyan periode 2023/ 2024 ke depan. Semoga semangat ini tetap menyala dan berkobar demi mendukung dan mensukseskan berbagai agenda yang ada di SMKN 1 Duduksampeyan selama setahun ke depan.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *