PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SUARA DEMOKRASI

PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL KETUA OSIS

SMKN 1 DUDUKSAMPEYAN PERIODE 2022/ 2023

Rabu, 28 September 2022 menjadi momentum penting penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Duduksampeyan. Suara Demokrasi kali ini menjadi tema yang dipilih. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2022/2023 yang proses dan tahapannya sudah dilangsungkan sejak beberapa pekan lalu, menemukan titik puncaknya.

Sejak beberapa hari sebelum pelaksanaannya, panitia pemungutan suara sudah hilir mudik mempersiapkan bentuk pendidikan berdemokrasi ini. Di hari pelaksanaannya, sejak pagi hari, tempat pemungutan suara, tenda, bilik suara, dan segala pernak-pernik fasilitas pemberian hak pilih sudah disiapkan layaknya pemilihan kepala daerah atau pemilihan presiden yang sebenarnya. Dibuka oleh Bapak Drs. H. Samsul Anang, M.M.-Kepala SMKN 1 Dusuksampeyan, acara berlangsung khidmat dan tertib.

Segenap warga SMKN 1 Duduksampeyan secara antusias bergiliran mendaftarkan kehadirannya di TPS dan memberikan hak pilihnya. Yang unik adalah, tak hanya sekedar mencoblos dan memberikan hak pilih, Tim P5 ternyata juga menyelenggarakan Quick Count alias hitung cepat dengan metode sampling. Menggunakan sejumlah gawai pintar yang dimiliki oleh SMKN 1 Duduksampeyan, Tim Quick Count memfasilitasi para pemilih untuk juga dapat memberikan sample suaranya di Quick Count point. Hasilnya pun dapat disaksikan secara live atau secara langsung melalui layar lebar yang sediakan di area quick count.

Turut meramaikan pula dalam kegiatan ini, Gelar Karya yang dilaksanakan oleh siswa kelas XII dari Akuntansi Keuangan dan Lembaga. Dalam kesempatan ini, mereka menggelar stand-stand produk makanan dan minuman yang siap dibeli oleh segenap warga SMKN 1 Duduksampeyan.

Hasilnya, setelah dilakukan penghitungan suara secara langsung, diperoleh hasil, pasangan calon 2 (Fathurrohman dan M Abidillah Musyafa) berhasil memperoleh suara terbanyak (42,95%) mengalahkan pasangan calon 1-Malhatun Bilqis-Sheno Wahyu A (28.08%) dan pasangan calon 3-Yayuk Mirnawati-Daffa Kristianta (29,01%). Yang unik, hasil ini ternyata sesuai dengan dari perhitungan melalui quick count. Sebuah pelajaran berharga dalam pendidikan berdemokrasi bagi siswa SMKN 1 Duduksampeyan. Dengan Hasil ini, pasangan calon Fathurrohman dan M Abidillah Musyafa dapat ditetapkan sebagai Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMKN 1 Duduksampeyan periode 2022/ 2023 yang sah. Semoga keduanya dapat mengemban amanah dan membawa Kemajuan bagi OSIS SMKN 1 Duduksampeyan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.