UPSKILLING/ RESKILLING GURU SMK

Seorang guru zaman sekarang tak boleh hanya diam dengan ilmunya dan berhenti untuk belajar hal-hal terbaru. Kecepatan perubahan zaman terus mengalami peningkatan. Dunia terus bergerak, Teknologi semakin berkembang, dan siswa membutuhkan lebih banyak guru dengan kemampuan yang terasah dan sesuai dengan perkembangan zaman yang akan dihadapi oleh para siswa di masa depan. Itulah sebabnya, guru sendiri harus terus belajar.

Pada 15 Agustus sampai dengan 7 September 2022, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) Malang menyelenggarakan Upskilling dan Reskillling Guru SMK Berstandar Industri. SMK Negeri 1 Duduksampeyan tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Sebagian dari guru produktif juga dikirim untuk meningkatkan kompetensinya. Salah satunya adalah Bapak Denis Nasrullah, S.Pd., Gr. Guru Teknik Mekanik Industri yang akrab disapa Pak Denis ini menjadi salah satu peserta Upskilling/ Reskilling di antara banyak peserta lain dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kegiatan pelatihan ini memang diadakan untuk meningkatkan kompetensi guru kejuruan, peningkatan keahlian, dan agar dalam mengajar keahlian tersebut bisa lebih sesuai dengan kurikulum tebaru yaitu Kurikulum Merdeka. “, tutur Pak Denis Ketika diwawancarai oleh admin.

Dilangsungkan selama sekitar 3 pekan, kegiatan dibagi dalam beberapa tahap. Tahap yang pertama adalah kegiatan pelatihan teori yang dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 26 Agustus 2022 bertempat di BBPPMPV BOE Malang. Adapun materi yang dipelajari antara lain Aplikasi CADD dan pelaksanaan pembelajaran berbasis project sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

29 Agustus sampai dengan 2 September 2022, para peserta pelatihan melaksanakan magang industri. Pak Denis sendiri melaksanakan magang di PT. PAL di divisi desain. Di sana, peserta pelatihan memperoleh kemampuan perancangan bagian kapal dengan menggunakan software.

Tanggal 5 sampai dengan 7 September para peserta pelatihan diharuskan untuk mengikuti uji kompetensi untuk mengatahui hasil dari kegiatan pelatihan yang sudah dilaksanakan. Sedangkan hasil dari projectnya ditampilkan dalam gelar karya di PPPPK-VEDC Malang.

Dari pelatihan ini, banyak hal yang diperoleh oleh peserta yang merupakan guru-guru produktif dari berbagai wilayah di Indonesia ini, diantaranya keahlian menggunakan softaware CADD  manufaktur, pengalaman lebih mendalam sesuai kompetensinya, serat bagaimana membelajarkan siswa sesuai dengan kurikulum merdeka, sebab di masa depan, lulusan sekolah kejuaran yang mampu membuat desain dengan software akan lebih banyak dibutuhkan.

Selain Pak Denis, ada juga Bapak Beni Setiawan, S.T. yang juga mengikuti upskilling/ reskilling Guru SMK Berstandar Industri Angkatan ke-3 di BBPPMPV BOE Malang pada tanggal 5 sampai dengan 28 September 2022.

Selain itu, Bapak Khoirul Madi, S.Pd.,Gr., guru produktif Teknik Mekanik Industri juga melaksanakan upskilling/ reskilling pemesinan CNC, utilitas konstruksi bangunan gedung, sistem keamanan menggunakan CCTV berbasis mikrokontroler & smartphone, sistem kelistrikan kendaraan ringan dan mobil listrik.pada bulan November 2022 yang berlangsung di BOE malang dan Balikpapan.

Semoga dengan pelatihan-pelatihan ini kualitas Pendidikan di SMK Negeri 1 Duduksampeyan semakin maju dan turut serta memajukan pendidikan vokasi di Indonesia. (admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.