Kilas Balik Bulan Juli-nya SMKN 1 Duduksampeyan

Bulan Juli mengawali awal tahun pelajaran di semua sekolah di Indonesia. Semangat pembaruan, semangat perubahan dan semangat belajar hadir kembali di bulan ini. Perlahan tapi pasti, paska pandemi Covid-19 melanda Ibu Pertiwi dan berdampak ke semua lini, termasuk dunia Pendidikan di Indonesia. Di bulan Juli ini segala sesuatunya mulai dipulihkan-mulai dibangkitkan kembali. Jika sebelumnya pembelajaran dan segala aktivitas sekolah dilaksanakan secara daring, maka kini kegiatan luring mulai bisa dilaksakan. Berbagai persiapan dan kegiatan pun dilakukan oleh warga SMKN 1 Duduksampeyan.

Bulan Juli 2022 di SMK Negeri 1 Duduksampeyan Penuh warna dalam berbagai kegiatan.

Penyembelihan Hewan Qurban

dalam rangka Hari Raya Idhul Adha 1443 H

Selaras dengan momentum Idhul Adha tahun 1443 H, SMKN 1 Duduksampeyan mengawali kegiatan bagi warga sekolah dengan pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban sebagai bentuk pembelajaran keagamaan dan pembelajaran sosial badi siswa SMKN 1 Duduksampeyan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 11 Juli 2022. Segenap warga sekolah baik guru, karyawan, pengurus OSIS dan siswa SMKN 1 Duduksampeyan larut dalam suasana kekeluargaan dan keakraban. Dilaksanakan di lapangan SMKN 1 Duduksampeyan, acara penyembelihan hewan qurban berlangsung secara khidmat. Seluruh komponen warga sekolah yang terlibat tampak antusias menyiapkan dan membagi daging qurban menjadi paket-paket yang siap untuk dibagikan dan diserahkan kepada yang berhak. Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian daging hewan qurban kepada siswa SMKN 1 Duduksampeyan dan warga sekitar yang berhak menerima.

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

12 Juli 2022, persiapan pembelajaran di tahun pelajaran baru pun disiapkan. Lokakarya (workshop) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) menjadi penyambut tahun ajaran baru dari sisi kurikulum. Diselenggarakan di ruang guru SMKN 1 Duduksampeyan, bapak ibu guru tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala SMKN 1 Duduksampeyan, Drs. H. Samsul Anang, M.M.

Materi pertama kegiatan IKM ini adalah seputar Kurikulum Merdeka dan Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran yang disampaikan oleh Drs. Suyatno, M.M. Sedangkan di hari kedua, materi tentang optimalisasi penggunaan aplikasi Canva sebagai media penyusunan Modul Ajar yang disampaikan oleh Ibu Nunuk Isdanti,S.Pd.,M.Pd. dari SMKN 1 Cerme-Gresik menjadi rangkaian kegiatan di hari berikutnya. Di hari selanjutnya, setiap peserta lokakarya diwajibkan untuk melaksanakan praktik penyusunan ATP dan Modul Ajar yang hasilnya diserahkan kepada tim Kurikulum untuk menjadi bagian dari dokumen kurikulum sekolah.

Rapat Pembagian Tugas Mengajar

Rapat Pembagian Tugas Mengajar dan Tugas Tambahan bagi Guru SMKN 1 Duduksampeyan

15 Juli 2022 , persiapan tahun ajaran baru di SMKN 1 Duduksampeyan semakin mantab. Pada hari tersebut dilaksanakan Rapat Pembagian Tugas Mengajar dan Tugas Tambahan di SMKN 1 Duduksampeyan. Pada momentum ini, turut diumumkan perubahan formasi para wakil kepala sekolah di SMKN 1 Duduksampeyan. Beberapa formasi di bagian lain juga mengalami perubahan dan penambahan personil baru dengan harapan kinerja SMKN 1 Duduksampeyan dalam mendidik, membimbing , mengajar dan melatih putra putri bangsa semakin mantab untuk mengantar mereka meraih masa depan.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Kurikulum sudah siap, sarana-prasarana siap, saatnya peserta didik baru mengenal lingkungan belajar mereka yang baru. Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah baru (MPLS) Tahun Pelajaran 2022/ 2023 dilaksanakan dari tanggal 18-20 Juli 2022. Dibuka oleh Drs. H. Samsul Anang, M.M, selaku Kepala SMKN 1 Duduksampeyan, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini berlangsung khidmat, berbobot namun dikemas menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Dengan MPLS ini, diharapkan peserta didik baru di SMKN 1 Duduksampeyan sudah mengenal dengan baik seluk beluk sekolah yang menjadi tempat mereka belajar selama kurang lebih 3 tahun ke depan. Di momentum MPLS ini para peserta didik baru tidak hanya diperkenalkan dengan linkungan sekolah saja, akan tetapi juga diperkenalkan dengan berbagai kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang ada di SMKN 1 Duduksampeyan.

Kerja Bakti Seluruh Warga SMKN 1 Duduksampeyan

Jumat 13 Juli 2022, Kegiatan kerja bakti bersama dilaksanakan oleh seluruh warga SMKN 1 Duduksampeyan. Lingkungan sekolah yang segera akan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar disiapkan, dibersihkan dan ditata. Lingkungan sekolah yang bersih, rapi dan teratur akan menjadi bagian pendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan KBM di sekolah. Seluruh warga sekolah terlibat dalam kegiatan ini. Tentu hal ini dikarenakan rasa cinta dan kepedulian yang mendalam dari seluruh elemen sekolah untuk SMKN 1 Duduksampeyan tercinta.

Senin 25 Juli 2022 menjadi hari pertama pelaksanaan KBM di SMKN 1 Duduksampeyan. Kegiatan diawali dengan pelaksanaan upacara bendera pagi di halaman tengah SMKN 1 Duduksampeyan. Bertindak sebagai Pembina Upacara pada kesempatan ini adalah Bapak Drs. H. Samsul Anang, M.M. selaku Kepala SMKN 1 Duduksampeyan. Selesai dari pelaksanaan upaca bendera yang khidmat tersebut, seluruh siswa menuju ke ruang kelas barunya masing-masing-tak sabar untuk bertemu kembali dengan teman-teman sekelas dan bapak ibu guru pengajar. (red/mj)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *