Ruang Kolaborasi: Pembekalan PKL – MoU – Sinkronisasi Kurikulum

Praktik Kerja Lapangan (PKL) dalam dunia vokasi merupakan wahana pembelajaran di dunia kerja atau yang lebih dikenal dengan teaching factory. PKL memberikan kesempatan kepada peserta didik menginternalisasi dan menerapkan soft skills berupa karakter dan budaya kerja, serta menerapkan, meningkatkan, dan mengembangkan penguasaan hard skills atau kompetensi teknis sesuai dengan konsentrasi keahliannya dan kebutuhan dunia kerja, serta kemandirian berwirausaha.

Sejak Selasa, 22 sampai dengan Kamis, 24 November 2023 para siswa kelas XI mengikuti kegiatan pembekalan PKL yang sedianya segera akan mereka lakasanakan. Pembekalan PKL kali ini diberikan oleh PT. Bumi Persada Karya, PT. Adi Jaya Nusantara Perkasa dan PT. Kawasan Industri Gresik.

Berkat kerjasama erat tantara Pokja PKL SMKN 1 Duduksampeyan dengan tim fasilitator P5, melalui pembekalan PKL ini para peserta didik dapat memperoleh manfaat baik di dunia kerja maupun satuan pendidikan. Bagi peserta didik, manfaat yang dapat diperoleh adalah mereka mendapat informasi langsung tentang bagaimana bekerja pada dunia pekerjaan yang sesungguhnya sekaligus mendapat tips dan trik bagaimana menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh di sekolah untuk dipergunakan di dunia kerja yang sebenarnya.

Bagi dunia kerja, manfaat langsung dapat dirasakan Ketika siswa mulai melaksanakan PKL di Industri adalah yaitu mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan kompeten serta dapat berkontribusi dalam pengembangan SDM Indonesia, sebab para siswa PKL ini telah dididik dan dilatih di sekolah.

Pada Pembekalan PKL yang dilaksanakan pada tanggal 21,22 dan 23 November ini, sekaligus dilaksanakan MoU (Memorandum of Understanding) antara Industri dan sekolah guna mendapat transfer pengetahuan dan teknologi dari dunia kerja serta membangun kerja sama yang lebih erat dan saling memberikan manfaat.

Dalam kesempatan tersebut juga, SMKN 1 Duduksampeyan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Waka. Kurikulum, Waka. Hubinmas, Waka. Sarana dan guru Produktif, sebagai TIM Lengkap satuan Pendidikan, melaksanakan Sinkronisasi Kurikulum sebagai penyelarasan kurikulum agar proses pembelajaran yang diselenggarakan di SMKN 1 Duduksampeyan dapat berbasis proses bisnis dan mengikuti Prosedur Operasional Standar (POS) yang berlaku di dunia kerja. Para pendidik di SMKN 1 Duduksampeyan memastikan siswa untuk dapat melalui tahapan mengamati, memahami, meniru tindakan, bekerja dengan bantuan dan pengawasan, bekerja mandiri, serta aktualisasi dan eksplorasi. Pembelajaran di SMKN 1 Duduksampeyan tentunya diarahkan agar terjadinya penguasaan kompetensi secara utuh oleh peserta didik sesuai pembagian pekerjaan di dunia kerja.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *