Seru dan Meriahnya MPLS di SKAN

Awal tahun pelajaran menjadi momen penting di berbagai sekolah untuk menyelenggarakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Baru atau yang lebih akrab disebut MPLS. Berbagai rangkaian kegiatan diadakan di tiap sekolah untuk menyambut dan mengenalkan budaya sekolah bagi peserta didik yang baru diterima.

Tak ketinggalan juga di SMKN 1 Duduksampeyan. Berbagai rangkaian kegiatan menjadi kesempatan penting bagi siswa baru untuk mengenal lingkungan belajar dan berbagai fasilitas belajar yang ada di Skandusa. Tak hanya itu, kesempatan ini juga digunakan oleh siswa baru untuk mengenal kakak kelasnya, terutama para pengurus OSIS dan guru-guru yang ada d SMKN 1 Duduksampeyan.

Sejak pagi-pagi sekali di tanggal 17 Juli 2023, segenap siswa-siswi baru SMKN 1 Duduksampeyan sudah bersiap di Lapangan upacara. Hari tersebut adalah hari pertama mereka mengikuti kegiatan MPLS. Kegiatan dibuka dengan Upacara pembukaan MPLS yang dibuka secara virtual oleh Gubernur Jawa Timur-Ibu Khofifah Indar Parawansa, yang juga dilaksanakan secara serentak di seluruh sekolah di Jawa Timur. Kegiatan ini menorehkan catatan di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Setelah pembukaan MPLS selesai, acara dilanjutkan dengan aksi menanam pohon di sekolah yang diikuti oleh siswa baru, kepala sekolah dan guru-guru di SMKN1 Duduksampeyan.

Selesai kegiatan, acara dilanjutkan dengan Wawasan Wiyata Mandala oleh Drs. H. Bashori, M.Pd. Pada sesi ini siswa dikenalkan dengan seluk beluk budaya dan lingkungan pendidikan di SMK, dan kemudian dilanjutkan dengan materi Cara Belajar Efektif yang dibawakan oleh Kepala Kompetensi dari masing-masing ketiga konsentrasi keahlian di SMKN 1 Duduksampeyan.

Hari Selasa, 18 Juli 2023, Kegiatan MPLS diawali dengan apel pagi untuk seluruh peserta, dan dilanjutkan dengan ice-breaking, dan Wawasan Kebangsaan. Materi Kedisiplinan dan Kegiatan PBB menjadi agenda berikutnya. Tak Lupa, materi tentang Pergaulan Remaja dan Narkotika juga diberikan untuk para peserta. Rangkaian kegiatan ini melibatkan Kerjasama antara SMKN 1 Duduksampeyan, Polsek dan Koramil Duduksampeyan, serta BNN Kabupaten Gresik.

Sedangkan di hari Jumat,21 Juni 2023 pagi, aktivitas dimulai dengan kegiatan istighotsah dan doa bersama seluruh warga sekolah. Setelahnya, kegiatan MPLS dilanjutkan dengan pertunjukan seni oleh para peserta dan penampilan dari ekstrakurikuler di SMKN 1 Duduksampeyan. Para peserta tampak antusias dan semangat sekali dalam mengikuti kegiatan ini. Acara ini tampaknya menjadi kesempatan bagi para peserta untuk menjukkan kebolehannya, sekaligus menjadi ajang bagi berbagai ekstrakurikuler di Skandusa untuk menunjukkan bakat dan keterampilan yang telah mereka latih selama ini melalui ekskul yang ada di SMKN 1 Duduksampeyan.

Kegiatan ditutup dengan inagurasi atau pengukuhan oleh kepala sekolah secara simbolik dengan melepaskan rangkaian balon dengan bentangan spanduk MPLS SKANDUSA.

Semoga MPLS ini menjadikan SKANDUSA semakin Berjaya dari masa ke masa.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *