Tentang Kami

SMKN 1 DuduksampeyanSMKN 1 Duduksampeyan-Gresik berlokasi di Jalan Sumari, Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Pendirian sekolah ini merupakan wujud aspirasi masyarakat sekitar dengan didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik yang menginginkan berdirinya sebuah Sekolah Menengah Kejuruan yang diperuntukkan bagi putra–putri daerah untuk memberikan bekal keahlian dibidang pendidikan vokasi agar mereka bisa diterima di Dunia Usaha/Dunia Industri dan/atau sekaligus untuk mampu bersaing ketika mereka akan melanjutkan ke jenjang Pergurun Tinggi.

SMK Negeri 1 Duduksampeyan adalah salah satu dari 4 SMK Negeri yang bernaung dibawah Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik. SMK Negeri 1 Duduksampeyan pada awal berdiri (tahun 2010) dibuka pertama kali dengan membuka 2 Kompetensi Keahlian yaitu : Teknik Pengelasan dan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri.

Tahun 2010 : SMK Negeri 1 Duduksampeyan pada awal pertama kali dibuka untuk sementara waktu bertempat di  gedung SMPN 1 Duduksampeyan yang beralamat di Desa Sumengko , Kecamatan Duduksampeyan, karena belum memiliki gedung sekolah sendiri. Jumlah tenaga pendidik pada awal berdiri sangat minim yaitu 2 guru PNS dan 8 guru GTT. Kegiatan Belajar Mengajar dilaksanakan siang sampai dengan sore hari karena harus bergantian dengan pemakaian gedung SMPN 1 Duduksampeyan. Pada saat itu SMKN 1 Duduksampeyan membuka 2 Kompetensi Keahlian yaitu Teknik Pengelasan (TP) dan Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri ( TPMI). Jumlah siswa angkatan pertama SMKN 1 Duduksampeyan berjumlah 107 siswa, yang terdiri dari 76 siswa TPMI dan 31 siswa jurusan TP.
Adapun Kepala Sekolah pada waktu itu adalah Bapak Drs. H.Samsul Anang, M.M.
 Tahun 2011 : Pada tahun ini SMK Negeri 1 Duduksampeyan mendapat tambahan 8 tenaga pendidik CPNS baru dari BKD Pemkab Gresik dan berhasil mendapatkan 160 siswa baru serta sudah mempunyai sebuah bengkel untuk praktik kerja bangku.
 Tahun 2012 : SMK Negeri 1 Duduksampeyan menempati gedung baru di Desa Sumari Kecamatan Duduksampeyan yang berjarak 3 km dari gedung SMPN 1 Duduksampeyan. Pada gedung baru ini terdapat 6 ruang kelas, 4 kamar mandi. Penggunaan 6 ruang kelas tersebut difungsikan sebagai berikut : 4 ruang digunakan untuk kelas pembelajaran, 1 ruang digunakan untuk bengkel dan 1 ruang lagi dipakai untuk Kantor.
 Tahun 2013 : SMK Negeri 1 Duduksampeyan membuka kompetensi keahlian baru yaitu Akuntansi. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi harapan masyarakat sekitar terutama calon siswa perempuan yang tertarik untuk masuk sekolah di SMK Negeri 1 Duduksampeyan.
 Tahun 2014 – Saat ini : SMK Negeri 1 Duduksampeyan mengalami perkembangan yang pesat dan mendapat berbagai macam prestasi baik dibidang akademis maupun non akademis.

Jumlah siswa pada tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 801 siswa dengan rincian 300 siswa kelas X (9 Rombel), 272 siswa kelas XI (8 Rombel), dan 229 siswa kelas XII (8 Rombel).