Kunjungan Industri SMK Negeri 1 Duduksampeyan: Menghubungkan Teori dan Praktik di Dunia Kerja

Pada tanggal 20 Februari 2024, siswa-siswi SMKN 1 Duduksampeyan jurusan Teknik Pengelasan mengunjungi PT. Industri Kereta Api (Persero) di Kota Madiun. INKA, sebagai perusahaan terkemuka dalam produksi sarana perkeretaapian, memberikan wawasan langsung mengenai proses produksi, teknologi, dan inovasi di industri perkeretaapian.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari perwakilan INKA yang menjelaskan sejarah, visi, misi, dan capaian perusahaan. Siswa-siswi kemudian diajak mengunjungi area produksi untuk menyaksikan proses pembuatan kereta api dari desain hingga pengujian akhir. Selama tur, mereka berdiskusi dengan para ahli dan teknisi mengenai teknologi terbaru, keselamatan kerja, dan standar kualitas.

Kunjungan ini memberikan pengalaman belajar berharga dan memotivasi siswa untuk lebih memahami bidang keahlian mereka. Dengan pengetahuan dan inspirasi baru, para siswa diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di sekolah ke dalam dunia kerja nantinya. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama di tulisan ikonik INKA dan pemberian cindramata dari SMK Negeri 1 Duduksampeyan untuk PT. Industri Kereta Api (Persero).

Kemudian, pada tanggal 02 Mei 2024, siswa-siswi jurusan Teknik Mekanik Industri SMKN 1 Duduksampeyan mengunjungi PT. Tirta Fresindo Jaya di Pasuruan, bagian dari Mayora Group, yang bergerak di bidang manufaktur makanan dan minuman FMCG. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan langsung mengenai proses produksi dan teknologi yang digunakan di industri tersebut.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari perwakilan perusahaan yang menjelaskan sejarah, visi, misi, dan produk PT. Tirta Fresindo Jaya. Siswa-siswi kemudian diajak mengunjungi area produksi, menyaksikan proses pembuatan produk dari bahan mentah hingga produk jadi, serta melihat mesin dan teknologi yang digunakan. Mereka juga mendapatkan penjelasan mengenai fungsi mesin industri dan prosedur keselamatan kerja.

Selama kunjungan, siswa-siswi berdiskusi dengan ahli dan teknisi mengenai tantangan dan solusi dalam proses produksi, serta aplikasi teori yang mereka pelajari di sekolah. Kunjungan ini memberikan pengalaman belajar berharga, memperluas wawasan, dan memotivasi siswa untuk mendalami bidang keahlian mereka.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama di depan gedung utama PT. Tirta Fresindo Jaya sebagai kenang-kenangan dan pemberian cindramata dari SMKN 1 Duduksampeyan untuk PT. Tirta Fresindo Jaya. Siswa-siswi kembali dengan ilmu dan inspirasi baru yang diharapkan dapat memacu semangat mereka untuk terus belajar dan berkarya dalam bidang Teknik Mekanik Industri.

Diberangkat lagi, pada tanggal 15 Mei 2024, siswa-siswi jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMKN 1 Duduksampeyan mengunjungi PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk di Pasuruan, produsen roti terbesar di Indonesia dengan produk “Sari Roti” dan “Sari Kue”. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis mengenai manajemen keuangan dan akuntansi di industri makanan.

Fokus utama kunjungan adalah mempelajari aspek keuangan dan akuntansi perusahaan. Siswa berdiskusi dengan tim keuangan dan akuntansi mengenai manajemen keuangan, pencatatan transaksi, analisis laporan keuangan, serta kontrol internal dan audit. Kunjungan ini memberikan wawasan berharga tentang aplikasi teori akuntansi dalam dunia nyata.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dengan perwakilan karyawan dari PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk dan pemberian cindramata kepada PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. Siswa-siswi kembali dengan banyak ilmu dan inspirasi baru, memacu semangat mereka untuk terus belajar dan berkarya dalam bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Kunjungan industri bagi siswa-siswi SMK memberikan berbagai manfaat penting. Pertama, siswa mendapatkan wawasan nyata tentang dunia industri dan proses produksi, serta melihat langsung aplikasi teori yang dipelajari di sekolah. Ini memberikan pengalaman praktis yang berharga dan memotivasi mereka untuk lebih serius belajar dan mengejar karier.

Selain itu, siswa mengenal teknologi terbaru dan inovasi industri, serta mengembangkan soft skills seperti komunikasi dan kerja sama tim. Mereka juga mempelajari prosedur keselamatan kerja dan mendapatkan kesempatan berdiskusi langsung dengan para profesional, yang memperkaya pemahaman mereka tentang tantangan dan solusi di industri.

Kunjungan ini juga membantu siswa membangun jaringan dengan para profesional, memahami budaya kerja profesional, dan mempersiapkan diri untuk dunia kerja dengan keterampilan yang relevan. Secara keseluruhan, kunjungan industri meningkatkan relevansi dan efektivitas pembelajaran, menghubungkan pendidikan dengan kebutuhan nyata di industri, dan memberikan dorongan untuk terus belajar dan berkembang.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *